RTO-Kegiatan Keilmiahan Psikologi 2010

Pada beberapa bulan yang lalu hingga sekarang saya menjalankan amanah untuk menjadi seorang Steering Commitee sebuah program kerja BEM fakultas Psikologi yang bernama ROAD TO OIM. Saya sungguh senang mendapatkan kesempatan itu. Psikologi tahun ini harus menunjukkan taringnya di muka UI setelah sekian lama 'terkalahkan' oleh fakultas lain. Iklim kompetisi di fakultas Psikologi ini dirasa sangat kurang. Oleh karena itu, tujuan diadakannya proker ini ialah untuk mendorong minat para mahasiswa dalam kompetisi ilmiah terutama di kancah UI.

Rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam ROAD TO OIM sangat banyak dan berguna. Mahasiswa dapat terdorong dan terus terlatih meningkatkan kompetensinya. Kegiatan pertama yang dilakukan di sini ialah Grand Opening. Grand Opening dimaksudkan untuk mengajak seluruh civitas fakultas Psikologi menyambut proker baru ini. Dalam GO, setiap angkatan diajak untuk parade keliling fakultas dan meramaikan suasana sore itu. Setelah itu, tiap-tiap angkatan (2007-2009) memamerkan yel-yel angkatannya masing-masing. Terpilihlah satu pemenang yel terbaik yaitu angkatan 2007 yang begitu bersemangat.

Rangkaian kedua yaitu seminar. Seluruh peserta dan panitia yang datang pun akan terpikat jika hadir saat itu di auditorium Fakultas Psikologi UI. Banyak hikmah dan motivasi yang diberikan oleh pembicara (mapres nasional dan bapak penulis & dosen dari FIB).

Selanjutnya, kegiatannya ialah acara yang sungguh berguna bagi siapapun terutama mahasiswa yang tertarik dalam kompetisi menulis dan debat, training. Di sesi pertama, peserta diajarkan untuk dapat menulis yang baik terutama dalam rangka kompetisi ilmiah. Beberapa hari kemudian, diadakan lagi sesi kedua yang lebih memfokuskan pada bagaimana peserta dapat mengekspresikan idenya secara verbal (teknik public speaking). Perlu diketahui bahwa public speaking sungguh dibutuhkan dalam kegiatan ilmiah. Mahasiswa yang baik yaitu mahasiswa yang dapat mengungkapkan idenya kepada orang lain secara persuasif.

Setelah beberapa rangkaian tadi itu..lalu diadakan lomba sekaligus seleksi pemilhan peserta dari psikologi yang akan maju ke OIM. Lomba pertama yaitu Psi Quiz. Formatnya hampir mirip dengan kuis-kuis yang ada di televisi. Di sana, peserta diuji dengan soal-soal yang umum dan buan hanya dari kompetensi pendidikannya saja.

Lomba yang sedang heboh diperbincangkan beberapa hari ini ialah lomba debat. Lomba debat terdiri dari debat bahasa Indonesia dan debat bahasa Inggris. Saya pun berkeinginan untuk mengikuti mata lomba ini selain ikut Psi Quiz (kecemplung)dan lain-lain. Debat ternyata memiliki teknik yang memang telah diatur secara internasional. Model debat yang dipakai yaitu model debat parliament.. Penilaiannya juga mengacu pada 3M (Matter, Manner, and Method). Oleh karena itu, sebelum lomba, saya mempelajari panduan debat beserta kiat supaya argumen yang dikeluarkan juga kuat.. Yah, sekian cerita saya..Memang jauh dari sempurna sih tapi semoga ada hikmahnya. Oke, sekarang saya akan terus berlatih dan membaca informasi untuk memperluas wawasan lagi..hehehhehe..Tiba-tiba tangan ini tidak menulis sekreatif otak berpikir. Maaf yaa..belum mahir dalam menulis sih :D

ROAD TO OIM!!
Bangkit Psikologi, Juara Umum UI!!!
amin... doakan yaaa

0 komentar:

Post a Comment

Cantumkan nama Anda ya sebelum berkomentar..

Pinterest Gallery

Pages

Sponsor


widget