Review Buku "Hati Sebening Mata Air"

Wew...saya sedang membaca buku bagus banget karya Amru Khalid...judulnya "Hati Sebening Mata Air". Walaupun baru baca 2 bab dari 10 bab, namun saya ingin bagi-bagi tentang hikmah yang saya dapat. Jadi kedua bab itu ceritanya tentang keikhlasan yang sangat sulit untuk diraih tapi masih ada kesempatan untuk menggenggamnya dengan erat. Memang semakin ikhlas kita melakukan sesuatu, setan akan semakin gencar menggoda agar kita menyekutukan keridhoan Allah SWT. Bahkan Allah berfirman yang intinya apabila kita melakukan sesuatu bukan semata-mata untuk Allah, Allah tak akan membalas amal kita tersebut. Mungkin inilah kutipannya... Nabi Muhammad SAW pernah bersabda:
"Sesungguhnya sesuatu yang paling aku takutkan dari kalian adalah syirik kecil" Sahabat bertanya "Apakah syirik kecil?" Rasul "Riya" Dan Allah akan berkata kepada orang-orang yang riya di hari kiamat "Pergilah kalian kepada orang yang memamerkan amalan kalian pada mereka dan apakah kalian mendapatkan balasan dari mereka" (HR. Imam Ahmad dan Al-Baihaqi)

Ya ampun, menyeramkan sekali bukan??!!

Lalu ada pula hadist yang tak kalah mengerikan, mari kita simak...

Nabi bersabda:"Sungguh, orang yang pertama kali merasakan neraka pada hari kiamat..." Yakni, ada tiga golongan yang pertama kali dilemparkan ke neraka, siapa mereka?
Pertama, "Laki-laki yang mencari kesyahidan, maka (Allah) memberikan padanya, dan dihadapkan kepada Allah. Lalu Dia bertanya, "Apa yang kau lakukan dengan nikmat itu?" Ia menjawab, "Aku berperang karena Engkau hingga aku terbunuh." Dia berkata, "Engkau bohong, kau berperang agar disebut pemberani, bukankah sudah disebut?". Lalu wajahnya ditarik, dan dilemparkan ke Jahannam. Inilah kaum yang pertama kali dilemparkan ke Jahannam.
Kedua, "Laki-laki yang menuntut ilmu, mengajarkannya, dan membaca Al-Qur'an, maka (Allah) memberikan padanya, dan dia dihadapkan kepadaNya." Kepadanya Allah bertanya, "Apa yang kau lakukan pada nikmat itu?". Ia menjawab, "Ya Tuhanku, aku belajar ilmu karena Engkau, dan membaca Al-Qur'an karena Engkau." Allah menyanggah, "Kau bohong, kau belajar agar disebut alim, bukankah sudah dikatakan? Dan mengajarkan Al-Qur'an agar disebut qari', bukankah sudah dikatakan?". Kemudian Allah memerintah, hingga wajahnya ditarik, dan dilemparkan ke Jahannam.
Ketiga, "Laki-laki yang Allah lapangkan, dan Dia memberinya beragam hart. Lalu Allah memanggilny, "Apa yang kau lakukan pada nikmat itu?" Ia menjawab, "Ya Tuhanku, aku tidak tinggalkansatu jalan pun yang Engkau suka di sana dilakukan infak, kecuali aku berinfak di sana." Allah berkata, "Kamu bohong. Kamu berinfak agar disebut dermawan, bukankah sudah dikatakan?"
Nabi bersabda, "Mereka bertigalah yang pertama kali merasakan neraka Jahannam pada hari kiamat." (HR. Muslim, At-Tirmidzi dan Imam Ahmad).

Hhmmm...saya juga merasa tersindir dengan ungkapan "Keikhlasan itu bagaikan susu yang murni dan tak akan tercampur dengan darah dan kotoran". Jadi maksud ungkapan itu...secara logika, maukah kita minum susu yang berisi campuran yang kotor seperti itu? Apa kita pantas mempersembahkan amal kita pada Allah dengan campuran-campuran yang tidak baik pula? Maksudnya, kita juga mempersembahkan amal ibadah kita pada pihak selainNya..Saya harap kita tidak demikian.

"Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari menyekutukan Engkau sedangkan aku mengetahui, dan aku memohon ampun kepada-Mu terhadap apa-apa yang tidak aku ketahui"


(Ya ampun..hampir saja tulisan ini ke-reset...)

2 komentar:

  1. hohoho.. sepertinya dalem juga bukunya...
    BTW,, golongan yg pertama kali merasakan neraka pada hari kiamat itu cuma laki-laki ya?
    what do u think?

    .. jadi ketularan feminismenya ima nih ..

    ReplyDelete
  2. laki-laki kan cuma sebagai image aja buat seluruh manusia (laki2 n perempuan)...karena laki2 sebagai pemimpin dari perempuan.

    ReplyDelete

Cantumkan nama Anda ya sebelum berkomentar..

Pinterest Gallery

Pages

Sponsor


widget