Yes..Ujianku Sukses (IMPIAN BESAR PARA AKADEMISI)


1. Judul : Yes! Ujianku Sukses

2. Penulis : Fatan Fantastik

3. Ketebalan : 116 hlm

4. Cetakan : Pertama, Juni 2007

5. Penerbit : Pro-U Media

Ujian dalam dunia pendidikan merupakan hal yang lumrah dilaksanakan dan diperdebatkan. Belum lama ini, kontroverial mengenai UAN masih menggema di telinga masyarakat. Segala permasalahan itu terjadi salah satunya karena ketidaksiapan sistem pendidikan (baik dari guru, murid, dll).

Ujian, bagi sebagian orang, bagaikan hantu yang meneror tak kenal waktu. Sebenarnya ujian bukanlah suatu momok bila dihadapi dengan kesiapan dari para siswa. Ujian bak sebuah perang dan siswa sebagai prajuritnya. Apabila telah datang perang menghampiri para prajurit, mau tidak mau prajurit harus menghadapinya. Tak sedikit yang gagal bukan karena materi (hm. 55). Orang-orang yang gagal disebabkan kurangnya kesiapan. Sedangkan prajurit yang penuh dengan kesiapan akan mendapatkan hasil memuaskan dari perang tersebut

Oleh karena itu, ujian digunakan sebagai tolok ukur kemampuan dan penguasaan materi bagi siswa. Namun terkadang hal ini mulai terlupakan. Para siswa resah memikirkan harapannya untuk mendapatkan nilai tinggi dan melakukan segala cara untuk meraihnya. Mulai dari meminta bocoran, membuat contekan, dll. Kemalasan dan menunda pekerjaan muncul menjadi sebab ketidaksiapan dalam ujian. Siswa malas untuk mengulang pelajaran dan melimpahkan ‘tanggung jawab’ pada cara-cara curang tersbut.

Penulis, Fatan Fantastik, seorang trainer lulusan Psikologi UGM yang juga menulis buku Bikin Belajar Selezat Coklat. Ia mengemukakan permasalahan seputar ujian dan solusinya dengan bahasa yang meremaja serta menyuguhkan pembaca dengan kisah-kisah perenungan yang dibawakan dengan menarik.

Buku ini kecil, namun padat kaya informasi. Fatan juga mengajak pembaca melalui buku ini untuk lebih ahli dalam menyikapi pola belajar. Dalam buku ini, akan ditemukan cara-cara menyiasati ujian dan revolusi cara belajar. Siswa dituntut agar berusaha semaksimal mungkin dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian, bertawakal dan berdoa. Di buku ini, disediakan doa-doa yang membantu di kala belajar dan ujian. Selain itu, terdapat penuntun langkah dari menuju ujian hingga tiba saatnya ujian.

Ujian harus disikapi dengan jujur dan siap. Bila dilaksanakan dengan baik, niscaya para siswa akan tersenyum puas melihat hasil ujiannya dan akan merubah pola belajarnya dengan baik sesuai dengan dirinya masing-masing.

5 komentar:

  1. terima kasih atas infonya ya!

    ReplyDelete
  2. udah dipraktekin belum? Gimana rasanya?

    ReplyDelete
  3. sudah dan sedang dipraktekan.
    sebenarnya sih..sukses nggaknya tergantung usaha kita sama keputusan Allah gimana.
    yang penting usaha dulu aja deh..

    ReplyDelete
  4. bukunya covernya ada dua ya? Judulnya kayaknya juga sedikit diganti

    ReplyDelete
  5. ^
    kurang tau juga...saya menemukan buku ini'''y..seperti itu lah

    ReplyDelete

Cantumkan nama Anda ya sebelum berkomentar..

Pinterest Gallery

Pages

Sponsor


widget